Selasa, 12 Februari 2013

about job, passion, and heart (part 2)


Lanjut lagi cerita tentang perjalanan haru biru gw cari kerja.. hehehe
Heemm.. setelah gw resign dari kantor gw yang pertama, yang bergerak di bidang percetakan,  akhirnya gw tarik nafas dalem-dalem dan mencoba berselancar lagi di internet buat cari pekerjaan. Gw resign dari kantor gw yang lama itu karena deskripsi pekerjaannya ga jelas , jadi gw ga ngerti batasan tugas gw tuh apa, hampir semuanya gw kerjain, dan disitu masuk dari senin – sabtu, berasa kerja rodi deh ..
Akhirnya gw dateng lagi ke job fair, sebelumnya gw ketemu sama salah satu temen gw, dia nyaranin buat masuk-masukin lamaran ke Bank atau perusahaan Finance, dan ikut program model Management Training atau Development Program, di situ biasanya gajinya gede. Emm akhirnya gw ikutin sarannya, gw masukin lamaran gw ke berbagai bank. Gw di panggil sama bank Muamalat untuk Development Program, tahapan testnya ada sekitar 6-8 tahap. Dari test tulis, wawancara, psikotest, wawncara lagi, diskusi, wawancara lagi, sampe akhirnya medical check up dan di nyatakan di terima. Gajinya 4,2 jutaan.. gimana orang gak berebut? Dan kalau di program macam gini, ada kontraknya 1-2 tahun untuk pendidikan dan test, kalo kita keluar ada finaltynya, dan jumlahnya gak main-main, bisa sampe puluhan dan ratusan juta. Untuk Bank Muamalat ini gw Cuma sampe tahap tiga, yaitu di psikotest, pada saat psikotest gw berusaha untuk jujur tentang apa yg gw minati, apa yg ga gw suka, kerjaan kayak apa yang gw suka dan lain sebagaina *ge sempet konsultasi sama temen gw yang anak HRD, kalo lo mau lulus psikotest kuncinya jawab jujur dan finally gw gagal di tahap psikotest, selanjutnya gw pun di panggil di program Management Trainingnya Bank Danamon, benefit lumayan banget, tunjangan ini itu dapet, THR setahun 2 kali, gaji sih standart, tapi ini-itu nya lumayan lah. Dan lagi-lagi gw ga di panggil sama bank ini, setelah gw konfirm kernyata karena rumah gw dianggep kejauhan, what ever lah yaa.. pokoknya intinya gw gak lolos juga,  dan sampe akhirnya gw masukin lamaran ke salah satu perusahaan asuransi. Katanya sih di perusahaan finance gitu gajinya juga lumayan. Dan ke panggillah gw , setelah menjalani beberapa test (dari psikotest sampai medical check up) akhirnya gw di terima. Gw bangganya bukan main masuk perusahaan ini, karena ini termasuk perusahaan besar, groupnya banyak, dan ternama pula. Saat orientasi dan dapet presentasi tentang company profilenya, gw jadi tambah bangga bisa kerja di perusahaan ini, karena perusahaan ini bener-bener besar dan maju. Welcome to the new office! Di bulan pertama gw harus mengikuti training produk sampe sebulan. So far so good, training itu bener-bener saat-saat yang membahagiakan banget, kita Cuma belajar dari jam 8 – jam 5, dapet makan siang plus dua kali coffe break, dan di gaji pula. Selama training gw seneng-seneng aja, dapet temen baru, pelajaran baru. Tapi di akhir-akhir training kok tiba-tiba ada yg mengganjal ya di hati gw... saat gw ngelamar nama divisinya itu Bankasurance, tapi kok..kok..kok.. job desk nya marketing banget yaah? Sebenernya gw ga masalah jadi marketing kalo di fasilitasi dengan baik, tapi ini? Gw sih gak mau ngejelek-jelekin perusahaan ini yaa.. akhirnya diakhir training gw mengajukan resign, tapi gw di suruh pikir-pikir lagi sama atasan gw untuk resign, terlebih lagi temen-temen gw pun ngebujuk gw buat bertahan dulu sampe 3 bulan, yaah akhirnya gw putuskan untuk jalanin dulu pekerjaan ini. Setelah gw jalanin, kok gw malah makin gak sreg ya sama kerjaan ini?? Gak gw banget, pokoknya gw kerja bener2 gak jelas deh, dateng kadang siang, pulang kadang cepet (kalo marketing jam kerjanya fleksibel, tinggal bilang sama atasan untuk ketemu klien, terus lo bisa cabut dari kantor), mungkin ada sebagian orang yg menikmati ke fleksiblan ini, tapi kalo gw sendiri jujur aja enggak sama sekali, menurut gw ini wasting time bgt! Akhirnya gw mencoba untuk cari-cari pekerjaan lain, kali ini gw mikir... gw mau cari kerjaan yang bener-bener bikin gw nyaman, lupain gaji gede, lupain perusahaan besar, yang terpenting adalah HATI. Akhirnya gw kembali nyari pekerjaan di bidang media. Basic gw itu sastra Indonesia, kegiatan di kampus gw sering banget nanganin event, buat acara-acara, pokoknya ga jauh-jauh sama kesenian. Gw cinta bgt sama kesenian. Dan akhirnya dapetlah gw sebuah broadcast massage lowongan sebuah perusahaan Advertising Agency, setelah gw kirim email lamaran, keesokannya gw di panggil untuk interview. Keesokan harinya gw ragu untuk dateng apa enggak, dan gw mutusin untuk ga dateng ke interview itu. kebetulan atasan gw nyuruh gw buat ke luar nemuin orang bank, waktu itu gw keluar jam 09.00, pas sampe di bank jam 09.30, dan bank nya blom buka karene bank nya ada di dalam mall. Akhirnya gw duduk di depan mall memandangi jalan, sambil nungguin mall buka. Tiba-tiba terbesik dalam benak gw, “apa gw dateng aja ya buat interview di kantor advertising itu” . akhirnya gw tanya orang dari sini (posisi gw di kuningan) naik apa ke Plaza Bapindo (senayan) tempat gw interview, ternya ta gak jauh, Cuma dua kali naik angkutan, akhirnya tanpa pikir panjang langsung gw beranjak dari situ dan memutuskan buat dateng interview. Saat itu gw pake high hells yang tingginya 5 cm dan gw turun naik angkot plus metro mini. Mantaaaap.. setelah tanya sana-tanya sini sampe juga gw di gedung bapindo. Akhirnya gw interview tuh, lumayan lama sih, pas banget gw keluar dari ruangan interview, tiba-tiba atasan gw tlp “lita, kamu dimana?? Udah ketemu orang bank blom?” akhirnya gw ngibrit balik lagi ke kuningan naik taxi buat nemuin orang bank. Fiuuuuh... jam 11.00 gw nyampe bank . dan sampai akhirnya gw di terima sam perusahaan agency ini dan resign dari perusahaan asuransi tersebut.
Yaaa kira-kira begitulah petualangan gw pas cari kerja, sekarang gw sedang menjalani proses pembelajaaran dan adaptasi di kantor baru, kantor advertising ini.. semoga aja gw betah, doain ya guys..
Next post gw akan share mengenai  Passion dalam bekerja.  Yang pastinya masih nyambung sama judul postingan ini. .
Have a nice day ;)

1 komentar:

  1. kak aku boleh mnta email kk ga ? aku mau nnya2 sputar tes kerja hehehe

    BalasHapus