Minggu, 10 Februari 2013

About Job, Passion, and Heart (part 1)

Hi guys, di postingan pertama ini gw mau cerita sedikit tentang pengalaman gw yang baru memasuki "The REAL WORLD" alias dunia kerja. Tepat pada tanggal 19 April 2012, gw sidang sarjana, dan pada hari itu Fakultas Sastra UNPAD memberikan gw sebuah gelar S.S di belakang nama gw. Disinilah babak baru di mulai. Saat menunggu hari wisuda, gw udah mulai-mulai cari lowongan pekerjaan di Internet. disitu gw daftar sebagai peserta job fair dan daftar untuk ikut seleksi jadi crew Trans TV. Akhirnya gw balik ke Jakarta buat ikutan Jobfair. Sumpah, pengalaman pertama banget gw ikutan Jobfair, masih norak dan bego gitu,, disana stand pertama yang gw datengin adalah koran kompas *ge pengen banget jadi reporter*, setelah itu semua stand yang berbau koran dan majalah gw datengin dan gw ngelamar jadi reporter. Saat itu keinginan gw kuat banget buat jadi reporter, karena gw suka jalan-jalan dan juga (walau pun kualifikasinya harus laki-laki, minimal pengalaman 2 thn, tapi tetep aja nekat gw masukin). Keesokan harinya gw di telepon sama salah satu perusahaan, tapi ternyata itu perusahaan outsorsing, bokap gw ga ngebolehin gw masuk perusahaan itu, akhirnya gw ga dateng. Setelah itu, gw di panggil sama Kompas buat jadi Copywriter, dan gw disuruh kirimin email cv, ijazah, transip nilai. dengan semangat menggebu-gebu gw kirimin deh tuh semua berkas-berkas, tapi setelah lama menunggu dan menanti ga ada juga panggilan lagi dari kompas T.T. Setelah itu gw balik ke Bandung buat urus berkas-berkas wisuda, dan gw dapet sms dari Trans tv buat ikutan test, akhirnya malem itu juga gw langsung balik ke Jakarta, pas di perjalanan pulang gw si cokkie hp kesayangan gw pake ilang segala lagiiii.. whuaaaa alhasil gw nangis-nangis di Primajasa meratapi kehilangan si cokkie, mana itu nomor penting bgt lagi, nomor itu kan yg tercantum di CV gw. pas gw nyampe rumah bokap gw bilang.. "yaudaaah mudah-mudahan aja dapet gantinya yg lebih bagus" gw udah ngarep banget tuh, gw bisa lolos masuk Trans tv, biar gw bisa beli hp baruu.. Alhamdulillah nomor gw terselamatkan berkat Malaikat penolong gw Si Pian yang ngurusin nomor ke gw kantor providernya sekaligus minjemin hp nya ke gw.*Thanks a lot Sopian Fitriady* . Hari sabtu gw udah bersiap bangun pagi buat ikutan test di Trans tv, gw udah semangat banget dateng ke kantornya dengan dateng 30 menit lebih awal. pas nyampe kesana, kok ga ada tanda-tanda ata test yaa *mulai firasat buruk... dan setelah gw tanyaa ke petugas, ternyata Acara TRANS Career nya bukan hari SABTU tapi hari MINGGU!! akhirnya gw cuma bisa nyengir ama mas-masnya dan pulang dengan tangan hampa......gw masih berfikir positif, aah gak apa-apa deh hari ini itung-itung survey tempat. malem-malemnya gw mikir, besok tuh test apa yaa?? gw harus belajar gak yah? aahh kayaknya cuma psikotest doang deeeh.. akhirnya gw tidur.. dan tapi ternyata sesungguhnya,, gw shock pas menghadapi test nya,,,, test pertama itu ternyata test wawasan, bahasa inggris, dan matematika.... pertanyaan nya waktu itu banyak tentang Sepak Bola, terus mentri-mentri dalam dan luar negeri, berita terbaru, matematikanya pun lumayan bikin puyeng.. akhirnya gw cuma bisa nyengir-nyengir shock aja menghadapi soal-soal ini..... nyesel gw, kenapa semalem ga sempet internetan cari berita-berita terbaru...(just info buat kalian yang mau test di Trans TV, kalian harus baca-baca tuh ilmu pengetahuan umum IPA dan IPS, macem kayak mentri-mentri, gurun terluas di dunia, dsb, matematika dan bahasa Inggrisnya juga jangan lupa di baca-baca). akhirnya pas gw pulang berasaan gw lebih hampa dari pada hari kemaren dimana gw dateng salah hari. yaudahlah gw pasranyoba-nh, akhirnya gw langsung pulang ke Jatinangor. besoknya gw check ternyata bener gw ga lolos, yaudahlah ya belom rezeki. Setelah gw beres wisuda, akhirnya gw nyoba-nyoba kerja di perusahaan percetakan, emm.. masih perusahaan kecil sih, jadi gw langsung diterima disitu kerjaan gw sebagai admin marketing... setelah 2 bulan kerja disitu gw berenti, gatau kenapa gw ga suka sama kerjaanya, ga nyaman, pokonya ga ada hasrat banget untuk berangkat ke kantor tiap pagi .. setelah gw keluar, akhirnya gw mulai cari-cari lagi, dan di panggillah gw sama TV One dalam Program Jurnalis Development Program, kantornya lumayan jauh di Kawasan Industri Pulo Gadung, akhirnya gw nginep di rumah sodara gw karena seleksi dimulai pukul 07.00. Test Pertama : Test Ilmu Pengetahuan Umum , Test Kedua : Psikotest, Test Ketiga : Grup Diskusi, dari keempat test ini alhamdulillah gw lolos, dua orang udah tereliminasi dan ga bisa lanjut ke test terakhir yaitu TEST ON CAMERA dan WAWANCARA. Saat testterus  wawancara gw dihadapkan dengan petinggi-petinggi TV One dan yang paling bikin Nervous adalah KAMERAnya.. setiap jawab pertanyaannya gw disuruh liat kamera. terakhir, gw disuruh baca berita di depan kamera, dan ternyata berita yang gw bacain ada sedikit kesalahan (ngeh aja lagi yaa) pokoknya kacau deh perform gw pas baca berita. abis itu Pak Toto (salah satu presenter tv one-pewawancara yg paling jutek) tanya suaru hal ke gw, "coba kamu kasi presentase berapa persen kamu mau kerja di depan layar, berapa persen kamu mau kerja di belakang layar", dengan polosnya, dengan lugunya, dan dengan bego nya gw bilang "80% di depan layar, 20% di belakang layar" benar-bener jawaban yang super sekali pemirsaaaah... jelas-jelas perform gw tadi kacrut banget, sekarang dengan PD nya gw bilang mau 80% di depan kameraa????!!! bener aja kaaaa.. akhirnya gw ga lolos untuk tahap selanjutnya -______-"
ini oleh-oleh dari hasit test di tv one :)








Guys, perjalanan gw masih panjang, gw share di postingan berikutnya yaa..
see you ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar