Sabtu, 09 Februari 2013

Perkembangan Islam di Inggris

Islam masuk di Inggris berawal pada akhir abad ke-l8 dan akhir abad ke-19, melalui pendaratan yang direkrut oleh East India Company, serta metalui proses imigrasi dari para pelaut dan pedagang dari Yaman, Indi4 Pakistan, dan Bangladesh. Dari kaum emigram muslim inilah membentuk komunitas muslim di beberapa titik dikota pelabuhan Inggris sampai meluas pada pusat kota London.
Perkembangan Islam di Inggris sejak awal sampai saat ini mengalami kernajuan pesat. Jumlah umat Islam di Inggris saat ini diperkirakan dua juta jiwa atau berkisar 3,3 % dari seluruh penduduk Inggris. Kaum muslim Inggris mayoritas tinggal di London dan sekitarnya, dan dua pertiga sisanya bermukim di west Midland, Cardiff, Liverpool, Yorkshire, Manchester, dan sebagainya. Dari persfektil. mazhab, mayoritas umat Islam Inggris bermazhab Hanafiyah, sisanya Syafi’iyah, Ja' fari, dan sebagainya.
Perkembangan Islam sangat cepat dan mendapat apresiasi dari penduduk pribumi dan bahkan pemerintah, dan mereka tertaik memeluk Isiam, tidak terlepas dari karakteristik Islam yang rahmatan li al-alamin, toleran, inklusif, menghargai hak-hak asasi manusia, dan sebagainya. Di samping itu, diidorong keingintahuan orang-orang non muslim untuk mempelajari Islam, sehingga mereka kemudian masuk Islam. Dewasa ini, fenomena berkembangnya Islam banyak bangkit di kampus-kampus, kantor-kantor pemerintahan, dan ditengah-tengah kehidupan social masyarakat Inggris secara Iuas.
Islam berkebang secara pesat di Inggris, tidak terlepas dari kebijakan pemerintah Inggris yang memberikan peluang dan ruang kepada masyarakat Islam untuk menjalankan ajaran agama. Namun, pasca tragedi WTC 11 September, kebijakan politik pemerintah Inggris kurang menguntungkan Islam yang cenderung didiskreditkan, diperlakukan secara diskriminatif; cemohan, serta dimarginalkan secara sistemik.
Pesatnya perkembangan Islam di Inggris dewasa ini, tidak terlepas tantangan yang muncul selain dampak buruk dari tragedi 11 september, akan tetapi munculnya tokoh-tokoh pribumi Inggris yang fhobi terhadap Islam dan mengkhawatirkan secara berlebihan perkembangan lslam di inggris, sehingga mereka membangun wacana untuk membenci lslam, dan bahkah menghalang-halangi perkembangan Islam itu sendiri, baik melalui pendekatan kultural, sistematik, maupun kebijakan politik global.



Begitu signifikannya komunitas muslim Pakistan dan Bangladesh itu di Bradford, sampai orang menyebutnya kota ini sebagai Islamabad-nya Inggris.  


                                                 
 Masjid Mahdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar