Senin, 18 Februari 2013

KEDIRI - MALANG - BALI

Mungkin kalian ada yang sudah pernah dengar kalau di daerah Pare- Kediri ada sebuah kawasan yang bernama Kampung Inggris. Setiap bulannya banyak banget pelajar yang datang kesana untuk belajar bahasa inggris. Gw pergi kesana pada bulan Juli tahun 2011 lalu. Keputusan gw buat pergi ke Kediri ini terbilang mendadak, tapi apa salah nya toh gw juga lagi gak ambil SP, gw pergi kesana bareng teman kampus gw, Ratih, Nisa, Gamas, Haritz, Faya, Rolisman dan dua orang temannya Rolisman. Kami berangkat naik kereta executive dari Stasiun Kereta Api Bandung ke Stasiun Kediri, perjalanan dari Bandung sampai Kediri sekitar 12-14 Jam. Unstuk sampai ke Pare, kita harus naik angkutan lagi dari stasiun Kediri, kira-kira sekitar 30 menitan dari stasiun. Sesampainya di Pare kami langsung mencari penginapan. Setelah mendapatkan penginapan yang pas, kami pun menyewa sepeda dengan harga Rp. 50.000,- untuk 1 bulan. kalo di sini kayaknya wajib banget deh nyewa sepeda, soalnya kendaraan inilah yang bakal menemani hari-hari lo untuk pergi les, cari makan, dan jalan-jalan di kota ini. Setelah meletakan barang-barang di tempat kos, kami pun langsung mencari tempat les. Kontrak les biasanya 2 minggu per tingkatan (les dilaksanakan dari Senin - Jumat). Pada minggu pertama, gw dan teman-teman gw ngambil grammar course (siang), english for job (pagi), dan pre communication (malem). Setelah les bahasa Inggris dari senin - jumat, dari pagi ampe male, kita masih punya hari sabtu dan minggu untuk berjalan-jalan.
Makanan di sini tuh murah meriah banget, bebek goreng ajaa cuma 7000, ada juga kok yang harganya 3000an buat sarapan pagi, manteep deh pokoknya. Hari-sabtu minggu adalah hari yang wajib banget di pake buat jalan-jalan. Saang banget kalo ke Kediri tapi lo gak luangin waktu buat jalan-jalan. Jujur aja, belajar bahasa Inggris disini sebenernya sama aja sih sama tempat les di Jakarta, tapi kalo lo ambil paket yang asrama baru beda. Biasanya kalo ambil paket asrama, di dalem asramanya lo juga harus ngomong full english, kalo enggak lo bisa kena denda, dan setiap subuh gitu selalu diadakan forum diskusi. Kalo gw dan temen-temen gw cukup ambil paket yang standard2 aja, kosan pun yang gak full english (yang penting sih jalan-jalannya) hahhhaa dari semua les yang gw ambil, tempat les yang paling enak itu adalah saat les precom, disitu kita belajar ngomong bahasa inggris yang ga berpatok dengan grammar, pelajarannya di penuhi sama games-games seru, gurunya pun juga seru. kalo lo berniat ke kampung Inggris, cari tempet les yang namanya WEBSTER dan ambil kelas PreCom nyaaa, di jamin ga nyesel! selain belajar bahasa Inggris, hal yang menarik di sini adalah JALAN-JALAN.. Disini ada yang namanya Simpang Lima, Gumul, tempat ini di bilang PARIS-nya KEDIRI, kalo lo dateng ke tempat ini malem-malem, katanya sih udah kayak di Paris, sayang nya gw gak sempet ke sana malem-malem, gw kesana cuma pas siang-siang, soalnya tempatnya agak jauh dari PARE (kampung Inggris), kesana harus nyarter angkot, gw sempet kesana juga karena bareng temen2 sekelas di WEBSTER.

Minggu berikutnya, gw dan temen-temen gw mau coba jalan yang agak jauhan, tadinya kita mau ke Bromo, tapi katanya Bromo lagi ga bisa di datengin sampe atas, soalnya lagi aktif, akhirnya kita ambil alternatif ke dua yaitu ke MALANG. dari Pare ke Malang ga jauh kok, kita cuma naik bis sekali sekitar 45 menit sampe 1 jam, sampe deh ke malang, tempat pertama yang kita datengin adalah SELECTA yaitu Taman Bunga dan di dalamnya ada kolam renangnya juga, masuk nya murah kok, tapi gw lupa berapa. Di Selecta kita ngabisin waktu sampe sore, duduk-duduk, foto-foto, dan berenang pastinya. setelah dari selecta, acara menjelajah malang gak sampai di situ aja, dari Selecta kita langsung cuss ke BATU NIGHT SPECTACULER atau (BNS), BNS ini modelnya kayak Dufan, banyak wahana bermain, tapi BNS bukanya cuma di malam hari, namanya juga BATU NIGHT SPECTACULER, bedanya sama Dufan, kita ga bayar sekaligus dan bisa main seenaknya, untuk tiket masuk kita sekitar 10.000 - 12.000an, tapii setiap mau naik wahana kita harus bayar lagi, tiketnya sih sekitar 7000an per wahana. sebenernya ada lagi tuh tempat bagus di sekitar BATU, yaitu Baby Zoo, tapi berhubung si Mpok takut ama uler, jadi kita gak jadi kesana. selesai dari BNS barulah kita pulang lagi ke kosan.hari minggu kita pake buat istirahat, dan senin kita harus mulai les lagi.

Dan akhirnya sampailah gw di minggu terakhir di kampung Inggris, jalan-jalan di minggu terakhir gw adalah ke BALI, di sana gw dan temen-temen gw punya kenalan baru, mereka mahasiswa-mahasaiwa dari Makassar, akhirnya mereka pun kita ajak buat ikutan paket berlibur ke BALI. paket berlibur ke Bali ini akan banyak banget lo temuin di Kampung Inggris, karena dari Kediri ke Bali deket banget via Surabaya dan langsung nyebrang laut. Cukup membayar 500.000, udah sama transport, makan, penginapan, plus berkunjung ke 10 tempat di Bali. eemmm kalo di itung-itung, duit yang gw keluarin selama gw ke Kediri itu sekitar 2.500.000an, itu udah plus transport, jalan-jalan dan beli oleh-oleh. sayangnya petualangan gw yangvhampir 1 bulan ini harus berakhir :( tapi gak nyesel deh Indonesia tuh Indah bangeeeet, gw jadi makin pengen jalan-jalan lebih jauh dari ini, menikmati indahnya Indonesiaaa...