Jumat, 22 Februari 2013

About Job, Passion, and Heart (part 4)



yuuuuuuk lanjut lagi ngomongin About Job, Passion, and Heart. Ini akibat gw ke banyakan galau saat nyari kerja, jadinya gw banyak mikir tentang masalah ini. Ternyata galau ada gunanya juga looh ... galau itu menuntun kita untuk berfikir, dan memilih mana yang terbaik buat kita. Dimasa-masa galau gw, gw banyak banget ngobrolin ini sama berbagai orang, dan setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda  mengenai ini. Rata-rata sih mereka bekerja mengharapkan gaji yang gede, kerjaan yang enak, bos yang baek, tunjangan ini-itu, dan sebagainya dan sebagainya. Wajar sih kalo kita mengharapkan itu semua, jujur gw juga maunya gitu, apalagi di tunjang dengan gelar pendidikan yang tinggi. tapi kalo di liat kondisi saat ini, suatu keberuntungan banget kalo seorang fresh graduate, bisa langsung dapet gaji gede, dapet bos baek, dan tunjangan ini-itu, itu sih rezeki. tapi kenyataanya kan ga banyak orang yang dapet itu, di tambah saingan yang banyak (sekarang lulusan S1 banyaaaak loooh), dan keahlian dan pegalaman kita yang ga ada sama sekali. Kalo menurut gw gelar S1 itu udah ga begitu penting, kalo gak di barengi sama keahlian dan pengalaman itu tadi. Terus gimana dong, para lulusan S1 yang ga punya pengalaman kerja sama-sekali terancam jadi pengangguran dong, percuma dong hasil kuliah selama ini?? Jelas aja bukan begitu guys, kalo menurut gw, untuk para fresh graduate yang ga punya pengalaman kerja sama sekali satu-satunya yang bisa di jual adalah pembuktian. Kita harus kasih pembuktian, kalo kita bisa do the best dalam melakukan pekerjaan ini. Bagaimana caranya supaya kita bisa do the best dalam pekerjaan kita? jawabannya adalah Do What Your Love, dengan kata lain CARILAH PEKERJAAN DIMANA LO BISA ENJOY SAAT MENGERJAKANNYA, naah gw jamin lo bakalan bisa DO THE BEST saat melakukan apa yang lo suka. Terus bagaimana dengan gaji, tunjangan, asuransi?? Sebagai Fresh Graduate yang ga punya pengalaman apa-apa, saran gw sih gausah mikirin itu dulu, bekerjalah di tempat yang lo suka, berilah pembuktian-pembuktian kalo lo bisa ngerjain itu dengan baik, tekunin, terus belajar dan jadilah profesional. Kalo lo udah jadi Profesional di bidang itu, gaji pasti akan mengikuti. Gaji itu rezeki, udah ada yang atur, ngapain lo pusingin, kalo nyari gaji segede-gedenya kemana pun, tapi kalo bukan rezeki lo, ya gak bakal dapet. Sekarang jangan cuma materi yang kita jadikan tolak ukur, selain gaji ada sesuatu yang tak ternilai yang bisa kita dapet dari perusahaan, yaitu adalah ilmu dan pengalaman. Ilmu sama pengalaman inilah yang mahal di bandingakn gaji, jadi kalo pekerjaan lo monoton, ga ngasih pengalaman-pengalaman baru, gak ngasih ilmu-ilmu baru, menurut gw career lo STUCK!
Nih, ada pesan kereen dari Renee Suhardono :
BE who you are. Kenali strengths, passion dan purpose of life anda. This self-awareness will lead you to Do what your love. Sehungga keunikan diri dapat berkontribusi secara maksimal. Dan untuk itu anda akan memperoleh imbalan setimpal dengan HAVE what you need. Tentunya tidak ada garansi semua yang diinginkan akan terjadi seketika. 
kesabaran mutlak dimiliki. Namun selagi menjalani karier dan hidup, kepuasan dan kebahagiaan sudah menjadi bagian dari Anda dengan memahami WHO YOU ARE, bukan WHAT YOU HAVE. (Renne, Your Job Is Not Your Career, hal. 43-44)
Reene Suhardono jadi inspirasi gw banget di saat gw lagi galau kerjaan, lewat bukunya yang berjudul Your Job Is Not Your Career, gw bisa memahami apa itu Job dan apa itu Career. Selain itu, gw juga mau share nih quotes dari temen-temen gw tentang job.

"Kalo lo mau tau lo masih betah apa enggak di perusahaan tempat lo bekerja, rasaain aja perjalanan waktu, kalo lo merasa waktu berjalan lamaaaaaaa banget saat di kantor, itu tandanya lo udah ga betah kerja di situ, tapi kalo lo merasa waktu tuh cepet banget, berarti lo enjoy" 
-Mbak Rika, Karyawan di salah satu perusahaan Kontraktor-

"Gw mah kerja apaa aja taa.. sekarang aja gw kerja di dua perusahaan, jadi marketing enak, waktunya fleksible" -Yosse, Marketing di perusahaan asing-

"Marketing tuh bukan gw banget ta! mendingan gw jadi back office, gak di kejar closingan" -Fauzan, Admin Marketing Sentul City-

"Waktu gw di Bank **** gaji gw lebih gede dari perusahaan sekarang, tapi ga tau kenapa gw lebih betah kerja di tempat sekarang, mungkin karena lingkungannya juga yaa" -Riska, Finance BAZNAS-

"Bukan lingkungan kerja yang menyesuaikan kita, tapi kita yang harus menyesuaikan dengan lingkungan kerja" -Wulan, Admin Mac-Medianet-

"Aku melakukan semua yang terbaik terus-menerus, dan aku yakin kedepannya pasti akan ada feedbacknya buat aku" -Mas Fajar, Media Planer Mac-Medianet-

"Gw gak nuntut banyak dari lo, gw cuma mau lo dapet banyak hal saat bekerja di sini, bisa pinter, dan itu bakalan berguna buat karir lo kedepannya!" -Bang Archi, Account Manager Mac-Medianet-

"Kerja di media itu butuh kecepatan dan kehati-hatian, tapi yang lebih penting kalo mau mendalami dunia ini, kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan semua orang, terutama teman-teman media, khususnya radio, untuk menjalin hubungan baik, pelajarilah budayanya, belajar bahasa daerahnya, orang-orang yang bisa terjun langsung dan cepat beradaptasi, mudah mendapatkan tempat di hati banyak orang " -Om Jeff, Direktur Mac-Medianet-

"Pekerjaan hanyalah bagian dari karier. Karier yang membahagiakan berkaitan erat dengan hal-hal seperti passion, tujuan hidup, values, dan motivasi, bukan berapa besar gaji atau fasilitas yang diperoleh dari pekerjaan" -Rene Suhardono, Public Speaker, Social Entrepreneur, Penulis-

"DO WITH YOUR HEART" -Lita, Media Planer Mac-Medianet-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar